![]() |
PT MMKSI Mendapat Penghargaan dari J.D Power (Foto: Alfons Yoshio/kumparan) |
SUARAaktual.co | Jakarta - PT Mistsubishi Motors
Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menunjukkan keseriusannya dalam
meningkatkan layanan bagi kendaraan penumpang mereka. Perluasan layanan diler
dan peningkatan penjualan untik Mitsubishi Xpander yang mereka lakukan
dibarengi juga dengan kualitas layanan purnajual mereka di Tanah Air.
Hal ini
tercermin dari raihan peringkat tertinggi untuk Customer Service Index (CSI)
2018 yang dirilis oleh J.D. Power.
Studi yang
dilakukan J.D. Power sendiri dilakukan pada 2.827 responden yang melakukan
servis kendaraan di diler resmi antara perode Maret 2017 sampai Juli 2018. Mitsubishi mencatatkan skor tertinggi untuk layanan purnajual
di Indonesia dibandingkan dengan pabrikan-pabrikan mobil lain dengan skor
rata-rata 817 poin dari maksimal 1.000 poin.
Penilaian
sendiri didasarkan pada lima faktor berturut-turut, kualitas servis (813 poin),
inisai servis (813 poin), pengambilan kendaraan yang telah diservis (812 poin),
konsultasi servis (825 poin), dan fasilitas servis (823 poin).
![]() |
"Kami
berupaya memberikan pengalaman terbaik bagi setiap konsumen dalam seluruh
proses kepemilikan kendaraan Mitsubishi mulai dari penjualan, servis, dan suku
cadang yang akan berujung pada kepercayaan dan loyalitas terhadap brand
Mitsubishi Motors secara keseluruhan," ujar Presiden Direktur PT MMKSI,
Naoya Nakamura saat membuka acara penyerahan pengharagaan yang dilakukan di
Pulomas, Rabu (24/10).
Capaian ini
sendiri bukan yang pertama bagi Mitsubishi, tercatat tahun 2011, 2012, dan
tahun 2014 penghargaan yang sama juga direngkuh tiga berlian. Bahkan dalam
delapan tahun terakhir, mereka juga meraih peringkat tertinggi untuk Sales
Satisfaction Index (SSI) pada tahun 2013, 2015, dan 2017.
"Ini
jadi modal buat kami memperkuat brand image Mitsubishi di sektor passenger.
Dengan penghargaan CSI nomor 1 ini jadi pengakuan dari konsumen untuk mobil
Mitsubishi sebagai yang terbaik. Tapi bukan hanya kesuksesan, ini sekaligus
menjadi tantangan," tambah Direktur Divisi Sales & Marketing PT MMKSI,
Irwan Kuncoro saat konfresnsi pers acara yang sama.
Tantangan
yang dimaksud Irwan sendiri mengacu pada sukses produk andalan teranayar mereka
dalam dua tahun terakhir, Mitsubishi Xpander. Menurut dia, produk multi
purpose vehicle (MPV) ini menjadi magnet bagi banyak konsumen baru merek
Mitsubishi yang perlu mendapat perhatian lebih.
"Konsumen
baru tentu akan sangat sensitif dan kritis, berbeda dengan konsumen lama yang
sudah loyal. Tahun ini dan tahun depan mereka akan mulai datang ke diler untuk
perawatan berkala dan lain-lain. Di situ kami harus memberi kepuasan. Sekali
mereka puas meraka akan menjadi loyal, tetapi begitu mereka tidak puas akan
dengan mudah pindah ke kompetitor," ujar Irwan lagi.
Mitsubishi
Xpander sendiri melanjutkan fenomena penjualan bombastis mereka sejak debut
Agustus 2017 lalu. Berdasar catatan Mitsubishi, untuk periode Januari-September
2018, angka penjualannya ke konsumen (retail sales) sudah menembus angka 75-80
ribu unit.
Sumber :kumparanOto