Ini Sosok Chandra Buana Nasution Pencipta Lagu Mars Kota Padangsidimpuan

/ Kamis, 18 Oktober 2018 / 15.11 WIB
Chandra buana Nasution usai menerima piagam penghargaan dari Pemko Padangsidimpuan Poto bersama dengan Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution SH dan Walikota periode 2002-2007 dan 2002-2012 Zulkarnaen Nasution.
SUARAaktual.co | Padangsidimpuan -.Mungkin masih banyak diantara masyarakat kota Padangsidimpuan yang belum tau lirik lagu mars Pemko Padangsidimpuan dan penciptanya siapa..? Atau mungkin tau lirik dan penciptanya tidak tau siapa..?

Ini sepenggal lirik dari lagu mars kota Padangsidimpuan "Kota Padangsidimpuan yang tercinta.Kota yang berbudaya dan beriman.Tujuh belas Oktober tahun dua ribu satu lahirlah pemerintahannya.Kota Padangsidimpuan yang tercinta.Kota yang beradab dan berpendidikan".

Namanya Chandra Buana Nasution lagu Mars Kota Padangsidimpuan diciptakannya resmi menjadi lagu sah Mars Pemko Padangsidimpuan dikatakannya sekira pada tahun 2004 lalu. Dia sendiri menciptakan lagu itu pada tahun 2003.

"Saya ciptakan lagu mars Pemko Padangsidimpuan ini pada tahun 2003, penyempurnaan lagunya baik aransemen musiknya pada festival perlombaan cipta lagu mars Pemko Padangsidimpuan tahun 2004. Pada waktu itu lagu yang saya ciptakan,sebagai pemenang. 

Sejak ditetapkan menjadi pemenang, mulailah lagu mars Pemko Padangsidimpuan ciptaan saya, dijadikan lagu resmi mars Pemko Padangsidimpuan. Karena pada festival tersebut menjadi kesepakatan, bahwa lagu yang menang, akan digunakan menjadi lagu resmi Mars Pemko Padansidimpuan"papar Chandra Buana Nasution kepada wartawan, Rabu (17/10/2018) di Kantor Walikota Padangsidimpuan yang saat bersamaan lagi mengobrol dengan salah satu pengurus Dewan Kesenian Kota Padangsidimpuan Viktor Hamdani Sinaga. sebelum iya dipanggil kepentas HUT ke 17 Pemko Padangsidimpuan, untuk menerima penghargaan dari Pemerintahan Kota Padangsidimpuan.
Chandra buana Nasution saat berbincang dengan salahsatu pengurus Dewan Kesenian Kota Padangsidimpuan Victor Hamdani Sinaga.
Diungkapkan Chandra bahwa pembuatan lagu mars Pemko Padangsidimpuan tersebut terinspirasi dari motto Kota Padangsidimpuan,yaitu Salumpat Saindege dalam arti satukan derap langkah kita yang selanjutnya dikembangkan kedalam lirik lagu mars Pemko Padangsidimpuan yang digunakan hingga sekarang.

Sebagai pencipta lagu mars Pemko Padangsidimpuan Chandra Buana Nasution sangat berharap sekali,lagu mars Pemko Padangsidimpuan tersebut lebih tersosialisasikan dimasyarakat,apalagi bagi pelajar yang ada di Kota Padangsidimpuan.Dia juga berharap bila lagu mars Pemko Padangsidimpuan ciptaannya dimuat atau dipublikasikan seperti di You Tube,nama pencipta lagu mars tersebut harus dicantumkan.

"Sewaktu saya buka You Tube lagu mars Pemko Padangsidimpuan,nama penciptanya tidak dicantumkan disitu,mungkin karena kelalaian yang memuat lagu mars Pemko Padangsidimpuan tersebut  nama pencipta lagunya tidak dimuat.Waktu itu saya sudah pernah bertanya kepada Dinas terkait yang memuat lagu itu di You Tube.Untuk itulah saya sangat mengharapkan, kepada Pemerintahan Kota Padangsidimpuan untuk disempurnakan kembali pemuatan lagu mars Pemko Padangsidimpuan di You Tube,"harapnya.

Menurutnya hak pencipta itu tidak boleh dikebiri.Pada peringatan HUT ke 17 Pemko Padangsidimpuan ini Chandra Buana mendapat penghargaan dari Pemerintah Kota Padangsidimpuan yang diserahkan langsung oleh Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution.

(DP.003).
Komentar Anda

Terkini: